Loading...

What Will Happen ‘to someone’ After Covid-19 End?

07 July 2020 | admin

By: Hasan (@hasanrdh) & Indah Fitria Suyatna (@infitsu)

Apa yang akan terjadi setelah Covid-19 selesai?

Kita bahkan tidak tau kapan pandemic ini akan berakhir, yang kita ketahui saat ini adalah mulai meredanya berita-berita mencekam, masyarakat mulai kembali menjalani hidupnya dengan landasan ‘new normal’. Jika kita tidak tahu apa yang sekiranya akan terjadi pada dunia setelah pandemic berakhir, mari kita persempit dengan:

“Apa yang terjadi pada seorang individu yang terkena dampak corona setelah ia berhasil melewatinya?”

Disinilah kita bisa memandang seorang individu dapat deal dengan traumanya jika individu tersebut bisa berubah menjadi positif dan lebih baik, hal tersebut merupakan Post-Traumatic Growth atau yang biasa disebut PTG merupakan sebuah konsep yang dikembangkan pada era 1990-an oleh dua orang psikolog yaitu Richard Tedeschi dan Lawrence Calhoun. PTG menunjukkan bahwa individu dapat keluar atau menjauh dari suatu trauma atau kesulitan setelah mencapai pertumbuhan pribadi yang positif.

Ketika sebuah pengalaman traumatis terjadi, hal tersebut kemudian menjadi katalis (pendorong/penyedia jalur) dalam konteks menuju perubahan positif. PTG seringkali diabaikan dalam kasus-kasus yang berhubungan dengan trauma walaupun konsep ini sebenarnya cukup terkenal dan lama dikenal dalam berbagai macam tradisi keagamaan.

Penelitian PTG menunjukkan bahwa trauma dapat membantu kita dalam mendefinisikan karakter dan memperjelas tujuan kita selama hidup yang mana dapat membawa kita sebagai individu ke dalam passion yang kita miliki serta membawa dampak positif bagi dunia sekitar. Dalam penerapannya misalnya, seseorang mendapatkan pelajaran dari kejadian traumatis berupa trauma seksual, kemudian pada fase selanjutnya ia menjadi terapis spesialis trauma seksual atau menjadi volunteer di women’s shelter. Dalam fase yang kita alami sekarang ini, mungkin adalah waktu terbaik untuk kita berpikir tentang PTG dalam menghadapi new normal yang akan kita hadapi dalam waktu dekat. Mengetahui dan menyadari kesulitan dari cobaan yang sekarang ini dialami adalah salah satu indikator yang harus dilakukan untuk kita bisa tumbuh dari pengalaman pahit ini. Kita sadari bahwa kita bersama hidup dengan banyak korban, kehilangan mata pencaharian dan bisnis, kekacauan total serta kelelahan garda terdepan pekerja kesehatan. Sudah saatnya kita berhenti sejenak, duduk bersama pelajaran-pelajaran yang dapat diambil, dan mari kita tumbuh bersama bangkit kembali.

What should we do to achieve PTG?

Untuk mendapatkan PTG tidak bisa dipaksakan, tetapi kita bisa mencoba untuk menempatkan diri kamu pada posisi yang tepat dimana hal tersebut dapat mengarah pada PTG :

1. Mulai berfikir positif tentang diri kamu yang baru (kamu sedang memulai hidup baru setelah mengalami kesusahan).

2. Mengapresiasi segala hal kecil yang terjadi padamu, selalu bersyukur atas apapun, meskipun itu adalah hal kecil.

3. Jujurlah tentang apa yang kamu rasakan, terutama dengan individu yang mengalami hal yang sama denganmu.

4. Renungkanlah segala tindakan yang akan kamu lakukan, jika berdampak negatif terhadap diri kamu dan orang lain, maka lakukanlah hal yang positif sebagai gantinya.

5. Menerima bantuan pada saat membutuhkan. Menerima bantuan bukan berarti kamu lemah, tetapi kamu bersedia menurunkan egomu untuk dapat menjadi orang yang lebih baik.

6. Membantu orang lain.

7. Belajar kemampuan baru.

Sumber:

https://www.apa.org/monitor/2020/06/covid-life-after

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/buddhist-psychology-east-meets-west/202005/post-traumatic-growth-and-covid-19


CONTACT US

Address

Graha Krama Yudha Lt. 4 Unit B
Jalan Warung Jati Barat No. 43, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan,