Loading...

Yuk Kenali Peran Psikologi dalam Industri dan Organisasi

21 July 2020 | admin

By : M. Ridho Hasan (@hasanrdh) & Fatia R. E. (@fatiaersyfr_)

Secara umum, Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) merupakan sebuah cabang ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana perilaku manusia ketika berada di dunia kerja, dalam industri/organisasi yang berorientasi pada sistem kegiatan di bawah otoritas dan kepemimpinan tertentu.

Industri dan organisasi, dua buah kata yang terpisah, berbeda dan mungkin dapat anda anggap sebagai ilmu yang memiliki dua sisi utama. Pertama, segmen industri, yang melibatkan mencari cara terbaik untuk mencari individu yang cocok dengan peran dalam pekerjaan. Segmen ini terkadang disebut sebagai personnel psychology.

Orang yang bekerja di bidang ini harus mampu menilai karakteristik calon karyawan dan karyawan yang kemudian dicocokkan dengan posisi pekerjaan dimana mereka memiliki kemampuan untuk dapat berkinerja baik. Fungsi lain dari segmen industri ini diantaranya; melakukan employee training, mengembangkan standar kinerja pekerjaan dan mengukur kinerja karyawan.

Kedua, segmen organisasi, segmen ini lebih terfokus pada pemahaman bagaimana organisasi mempengaruhi perilaku individu. Struktur organisasi, norma sosial, management styles dan role expectations adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku orang dalam suatu organisasi dalam hal ini tempat bekerja.

Wawasan Psikologi Industri dan Organisasi

Psikologi industri dan organisasi berhubungan dengan industri dan organisasi. Semula ilmu ini dinamakan psikologi industri yang fungsi utamannya menerapkan psikologi di industri. Dengan berkembangnya psikologi industri menjadi ilmu yang mandiri maka terjadi pula perubahan pada namannya yaitu psikologi industri dan (psikologi) organisasi.

Yang dimaksudkan disini adalah organisasi ialah organisasi formal yang mencakup organisasi yang mencari keuntungan, yang memproduksi barang atau jasa (industri, perdagangan, biro akuntan, biro perjalanan, perbankan, dan sebagainnya) dan organisasi yang tujuan utamannya bukan mencari keuntungan (lembaga pendidikan, rumah sakit, badan-badan pemerintah, lembaga pemasyarakatan, dan sebagainya).

Spesialisasi Psikologi Industri dan Organisasi

  • Psikologi Personalia : membahas pengelolaan tenaga kerja yang dimulai dari perencanaan, penerimaan tenaga kerja, penempatan, pengembangan tenaga kerja, pemeliharaan hingga keluarnya tenaga kerja dari perusahaan.

  • Psikologi Konsumen : mempelajari dinamika perilaku konsumen terkait dengan pengambilan keputusannya dalam melakukan pembelian. Psikologi konsumen juga membuat penelitian terkait konsumen serta menyusun strategi untuk menarik minat konsumen. Perlindungan hak-hak konsumen juga dibahas oleh psikologi konsumen.

  • Perilaku Organisasi : membahas mengenai tingkah laku manusia didalam organisasi baik sebagai individu maupun anggota kelompok. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa kerja individu dalam organisasi.

  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja : membahas mengenai kesehatan dan keselamatan kerja untuk meningkatkan performansi kinerja organisasi.

  • Analisis Jabatan : mempelajari susunan deskripsi serta spesifikasi jabatan dari setiap pekerjaan dan setiap posisi di organisasi.

  • Ergonomi : membahas mengenai interaksi antara mesin dan manusia di tempat kerja dan bagaimana menciptakan kenyamanan dan keamanan kerja.

  • Psikologi Sumber Daya Manusia : membahas tentang proses pengembangan manusia baik secara individu, kelompok atau organisasi.

CONTACT US

Address

Graha Krama Yudha Lt. 4 Unit B
Jalan Warung Jati Barat No. 43, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan,