Loading...

Parents Roles (Mempelajari Peran Orang Tua dalam Keluarga)

22 July 2020 | admin

By: Sarah F Fathoni., M,Psi., Psikolog

“Menjadi orang tua tidak ada sekolah nya”

“Menjadi orang tua itu susah-susah gampang”

Mungkin Aditers pernah mendengar atau bahkan familiar dengan kalimat-kalimat diatas? Sedikit banyak pernyataan tersebut ada benarnya, namun tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya secara natural (alamiah) manusia memiliki dorongan dan kemampuan untuk nurturing atau merawat, yang muncul ketika memiliki anak. Dan tentunya informasi parenting sudah sangat mudah dan banyak dan didapatkan.

Berangkat dari fenomena yang banyak ditemukan sehari-hari, yaitu: masih banyak sebagain dari kita yang merasa bingung ketika harus menjalani peran sebagai orang tua. Terutama bagi para parents yang baru memiliki anak.

Walau sebenarnya setiap orang memiliki modal informasi pengasuhan, sebagaimana ia menginternalisasi pengalaman masa kecilnya saat diasuh oleh orang tua atau figur pengasuhnya. Hal ini karena manusia belajar dari pengalaman. Gambaran pola asuh yang didapat dari orang tua terdahulu akan menjadi based bagi dirinya ketika harus berperan sebagai orang tua nantinya. Dan memang dalam keadaan aktualnya, seseorang memiliki kecenderungan untuk menerapkan pola asuh yang mirip dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua atau pengasuhnya terdahulu.

Berikut informasi singkat terkait style dan peran orang tua sebagai informasi dasar yang dapat Aditers jadikan referensi dalam upaya memahami makna peran orang tua dalam keluarga.


CONTACT US

Address

Graha Krama Yudha Lt. 4 Unit B
Jalan Warung Jati Barat No. 43, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan,